Tim Pengabdian Masyarakat FSI UMRI Kolaborasi Rancang Gerakan Sosial PCIM Malaysia


Pekanbaru (Riauforum.com) – Gerakan sosial Persyarikatan Muhamadiyah telah dikenal oleh masyarakat Indonesia dan dunia luar. Organisasi dan gerakan Islam yang dipelopori olèh KH. Ahmad Dahlan ini semakin memperluas perannya dalam gerakan dakwah sosial. Di antara gerakan tersebut adalah mulai aktifnya Pimpinan Cabang Istimewa Muhamadiyah (PCIM) di Malaysia.

Memperhatikan Semangat gerakan PCIM Malaysia yang luar biasa, maka Tim Pengabdian Masyarakat FSI UMRI merasa terpanggil untuk mengambil peran. Hal itu ditunjukkan dengan kegiatan kunjungan dan pengandaian tim ke PCIM di Kuala Lumpur pada tanggal 6 Juni 2024.

Dalam kegiatan tersebut tim pengabdian FSI melakukan diskusi akademik dan pemetaan kemungkinan program yang akan digarap antara PCIM dengan FSI. Wakil ketua PCIM Fauzi Fatkhur menyatakan bahwa persoalan orientasi ekonomi dan pendidikan merupakan tantangan besar bagi warga Indonesia dalma binaan PCIM. Sebagian besar perantau Indonesia belum memiliki wawasan pengembangan diri yang relevan dengan perkembangan. Mereka bekerja semata mata hanya untuk orientasi kebutuhan domestik. Permasalahan kemandirian ekonomi, pengembangan jaringan usaha dna sejenisnya masih terasa asing bagi mereka.

Kata Fauzi Fatkhur hal ini terjadi karena latar belakang pendidikan rata-rata dari mereka yang masih santa terbatas.
Dr. Santoso selaku ketua tim dan Dekan FSI merespon kondisi ini dengan komitmen dan rencana strategis yang akan di siapkan oleh Fakultas. Kata Dr. Santoso, program KKN Internasional, Pengabdian masyarakat, dan kajian akademik akan menjadi program utama sebagai refleksi atas tantangan pengembangan masyarakat Islam khususnya bagi komunitas perantau muslim di Malaysia.

Rate this post
Baca Juga  PENJEMPUTAN MAHASISWA PLP FKIP UMRI 2024 DI SMK BINA PROFESI PEKANBARU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *