Pelatihan Pembuatan Kue Black Forest oleh PT. Bukit Asam “Mendorong Ekonomi Masyarakat Pekanbaru”


Pekanbaru (Riauforum.com) – PT. Bukit Asam menggelar acara pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para ibu-ibu pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Pekanbaru dalam pembuatan kue pada 05/04/24. Acara ini merupakan inisiatif dari Anggota DPR RI Komisi VI Fraksi PAN, Dr. H. Jon Erizal S.,E., M.B.A., yang menunjukkan komitmen pemerintah dalam mendukung perkembangan UMKM di tingkat lokal. Lokasi pelatihan dipilih di Hotel Bono Pekanbaru, sebuah hotel bintang 4 yang terletak di provinsi Riau, menyediakan suasana yang nyaman dan fasilitas yang memadai bagi para peserta.

 

Dalam acara tersebut, narasumber utama adalah Chef Executive dari Hotel Bono, yaitu Chef Aji, yang memiliki pengalaman yang luas dalam dunia kuliner. Chef Aji memberikan panduan dan teknik-teknik terkini dalam pembuatan kue kepada para peserta. Mulai dari teknik dasar hingga teknik-teknik lanjutan dalam menghasilkan kue-kue yang berkualitas tinggi.

 

Pelatihan ini diikuti oleh 30 peserta dari 10 kelompok UMKM yang ada di Lingkungan RS. Tentara Pekanbaru. Mereka berasal dari berbagai sektor usaha, menunjukkan keragaman industri UMKM yang ada . Antusiasme peserta terlihat dalam suasana yang penuh semangat selama sesi pelatihan.

 

Selain pembuatan kue, pelatihan juga mempersiapkan UMKM dalam pemasaran digital. Ini mencerminkan kesadaran akan pentingnya penetrasi pasar melalui platform online dalam era digital ini. Para peserta diberikan pengetahuan tentang strategi pemasaran digital yang efektif untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan produk mereka.

 

Dr. H. Jon Erizal S.E., M.B.A., sebagai inisiator kegiatan, menekankan pentingnya pelatihan ini dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para pelaku UMKM. Beliau juga menyatakan komitmen pemerintah dalam mendukung pertumbuhan sektor UMKM sebagai salah satu pilar ekonomi yang penting.

Baca Juga  Bawaslu Riau Gelar Apel Patroli Pengawasan Masa Tenang Pemilu tahun 2024

 

Pada akhir acara, para peserta diberikan sertifikat sebagai bukti keberhasilan mereka dalam mengikuti pelatihan. Sertifikasi ini dapat digunakan sebagai jaminan kepada konsumen bahwa produk UMKM telah terverifikasi untuk kualitasnya. Sebagai tambahan, pelaku UMKM juga dipersiapkan untuk berjualan Black Forest Cake, salah satu produk kue yang dipelajari selama pelatihan.

 

Dengan demikian, acara pelatihan ini tidak hanya memberikan keterampilan dalam pembuatan kue, tetapi juga memberikan panduan dan dukungan bagi UMKM untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan produk mereka, serta meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk UMKM lokal.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *