PT. Bukit Asam Mengharapkan Pelaku UMKM dapat meningkatkan daya saing mereka di pasar lokal maupun regional.


Pekanbaru (Riauforum.com) – PT. Bukit Asam telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan yang bertujuan untuk membekali para ibu-ibu pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Pekanbaru dengan keterampilan dalam pembuatan kue bagi ibu-ibu Kecamatan Binawidya Pekanbaru.

Pelatihan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk mereka, tetapi juga untuk membantu para pelaku UMKM menghadapi era pasar digital yang semakin berkembang pesat. Inisiatif ini diprakarsai oleh Anggota DPR RI Komisi VI Fraksi PAN, Dr. H. Jon Erizal S.,E., M.B.A., menunjukkan perhatian serius terhadap perkembangan UMKM di tingkat lokal.

 

Hotel Bono Pekanbaru, sebuah hotel bintang 4 yang terletak di provinsi Riau, dipilih sebagai lokasi pelatihan. Keputusan ini didasarkan pada fasilitas yang memadai dan lingkungan yang nyaman bagi para peserta. Tanggal pelaksanaan acara ini di laksanakan pada 06/04/24, menandai dimulainya perjalanan para peserta dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam bidang pembuatan kue.

 

Sebanyak 30 orang peserta dari 10 kelompok UMKM yang berdomisili di Kecanatan Binawidya Kota Pekanbaru, Riau, turut serta dalam acara pelatihan ini. Keberagaman industri UMKM yang diwakili oleh peserta-peserta ini menunjukkan potensi besar yang dimiliki oleh sektor UMKM dalam kontribusi terhadap perekonomian lokal.

 

Chef Executive dari Hotel Bono, yaitu Chef Aji, menjadi narasumber utama dalam acara ini. Dengan pengalaman dan keahlian yang dimilikinya, Chef Aji memberikan panduan yang komprehensif dalam pembuatan kue kepada para peserta. Selain itu, pelatihan juga difokuskan pada pemasaran digital, mengingat pentingnya penetrasi pasar melalui platform online dalam era digital ini.

 

Dalam upaya untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk UMKM, sertifikasi diberikan kepada para peserta sebagai bukti bahwa produk mereka telah terverifikasi untuk kualitasnya. Hal ini penting terutama dalam menjual produk seperti Black Forest Cake yang memiliki citarasa yang berkelas dan diharapkan dapat memenuhi selera konsumen di Pekanbaru.

 

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat meningkatkan daya saing mereka di pasar lokal maupun regional. Selain itu, mereka juga diharapkan dapat mengadaptasi diri dengan baik dalam menghadapi tantangan dari era pasar digital yang terus berkembang. Dengan produk yang unggul dan cita rasa yang terjaga, para pelaku UMKM di Pekanbaru akan semakin mampu memenangkan hati konsumen setempat.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *