Kampar  

PLTA Koto Panjang Kampar Kambali Tambah Bukaan Pintu Waduk 5×40 Cm


PEKANBARU (Riau Forum) –¬†Setelah tiga hari bukaan pintu waduk diturunkan, kini Manajemen PLTA Koto Panjang kembali menambah tinggi bukaan pintu pelimpahan (Spillway Gate) pada, Jumat (26/1/2024) pukul 11.00 WIB.

Penambahan bukaan pintu menyusul elevasi waduk PLTA Koto Panjang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau itu terjadi kenaikan akibat curah hujan di hulu waduk cukup tinggi.

 

 

“Kami informasikan kami akan melakukan penambahab bukaan pintu pelimpah air waduk (Spillway Gate), yang sebelumnya di posisi pembukaan 5×30 Cm ditambah bukaan pintu pelimpah menjadi sebesar 5×40 Cm,” kata Manager PLTA Koto Panjang, Cecep Sofhan Munwar, Jumat (26/1/2024).

Cecep mengatakan, penambahan tinggi bukaan pintu pelimpahan ini dilakukan sehubungan dengan adanya kenaikan debit air masuk (inflow) dan elevasi waduk PLTA Koto Panjang.

“Dengan begitu, maka total bukaan pintu PLTA Koto Panjang sebesar 5×70 Cm. Dengan rincian Elevasi: 84.00 Mdpl, outflow Turbine: 282.22 m3/s, outflow Spillway 5×30 cm : 261.63 m3/s. Total outflow: 543.85 m3/s dan Inflow Waduk: 1.026,4 m3/s,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal meminta kepada masyarakat khususnya yang tinggal di sepanjang aliran sungai Kampar untuk waspada jika ada pemberitahuan pembukaan pintu waduk.

“Kami juga sudah koordinasi dengan BPBD Kampar untuk siaga jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal tak diinginkan akibat dampak pembukaan pintu waduk. BPBD Kampar juga sudah menginformasikan kondisi terkini PLTA Koto Panjang ke Camat agar dapat menginfokan ke desa yang dekat dengan aliran sungai Kampar,” katanya.¬†***

 

sumber: goriau.com

 

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *